My Acne Story Part 1


So, I want to share my story about my acne problem. How I deal with it, how I find confident, how I got my breakdown, and how I fight with it.

The Beginning

Jadi, aku udah bermasalah dengan jerawat semenjak aku mengalami haid. O iya, aku pertama kali haid itu waktu MTs kelas 1. Awalnya memang belum numbuh jerawat yang membandel dan kulitku masih mulus dan bagus. Disitu hormon ku mulai berubah-ubah, I started to gain weight. Rambut ku yang awalnya tipis, lembut, dan kriting gantung, entah kenapa tiba-tiba rontok banyak banget dan numbuh rambut baru dengan tekstur yang beda. Rambut ku jadi tebel, kasar, dan bergelombang, weird right? Aku juga mulai gak cocok sama beberapa makanan padahal itu adalah makanan faforit ku, jadilah aku harus stop makan makanan itu, well, ok..

Waktu itu aku udah pakek yang namanya facewash, dan mulai dari situ mungkin karena hormon juga facewash yang biasa aku pakek udah gak nyaman lagi dipakek, akhirnya aku gonta ganti facewash. Rasanya semua facewash yang aku pakek gak ada yang cocok. Sampai Aliyah akhirnya aku memutuskan untuk memakai salah satu facewash yang memang diperuntukkan untuk kulit berjerawat dan mulai saat itu aku udah jarang gonta ganti facewash lagi. And my acne? Owh, it started to getting worst.

Mukaku mulai kusam dan banyak bekas jerawatnya. Waktu Aliyah skincare yang aku pakek ya Cuma facewash. Waktu itu pengen banget gitu ke dokter kulit biar muka bisa sebaik dan semulus temen-temen yang lain. (waktu itu udah banyak temen-temen yang perawatan ke dokter kulit)

        Tapi gak boleh karena katanya masih kecil, gak usah di macem-macem in kulitnya. Ya udah, manut. Sampek lulus Aliyah dan kuliah kulit ku masih gitu-gitu aja.

                                                          

Kelas XI

Selama kuliah aku cenderung gak peduli dengan penampilan ku. Muka kusem, banyak jerawat, gak pernah pake bedak, apalagi gincu,,, hahahaha, that’s true, I was confident for who I was and I’m enjoying it. Aku gak ada masalah sama sekali dengan itu, dan orang-orang yang bener-bener deket sama aku gak perah komplain dengan penampilan ku, karena aku cenderung berpenampilan sesuka diriku selama aku pede dan nyaman.

                                        

Semester 3

Ada yang pernah nyaranin buat nyoba ini itu gak buat muka? Ooh, pernah,,, banyaaak bahkan. So, some people started to complaining about my acne, yang disaranin nyoba ini lah, itu lah, dan hal itu yang bikin percaya diriku pelan-pelan berkurang. I always staring at the mirror, talking to myself “I wish I have skin just like them”

Karena itu juga aku mulai nyoba-nyoba produk lagi, dan gak cocok. Aku mulai nyari-nyari tips skincare bukan nyari produk skincare yang cocok, karena ternyata step-step skincare itu berpengaruh terhadap kinerja skincare yang kita gunakan. Aku mulai nyoba buat disiplin bersihin muka, pake sunscreen, souble cleansing, dll, biar skiin barier ku baik lagi.

                         

            Kondisi muka naik turun, kalo lagi baik yang jerawat paling numbuh Cuma kecil-kecil dan itu Cuma muncul pas mau haid aja. Tapi kalo udah parah, satu jerawat gede bisa jadi jerawat banyak dan meradang. Aku tetep pede, walaupun banyak yang pada akhirnya perhatianya tertuju pada jerawat segede jagung dimuka, I was like, so what? Like you never seen something like this before.....

Keadaan naik turun itu terus berlanjut....

The Breakdown

Hingga suatu hari, someone said something that made me down, very very down. Dia bilang “udah pake masker padahal tapi kok mukanya masih kayak gitu, item-item...”(dengan nada sinis yang santuy)

Seketika itu, my wall is broke, completly broke,,, nangis sejadinya-jadinya di kamar mandi. Setiap pegang muka rasanya mau nangis....

I lost my confident.....

Mulai berpikir aneh-aneh, gimana kalo gak ada yang mau sama aku, gimana caranya dapet kulit wajah yang mulus, gak ada jerawat, jadi orang-orang gak akan komen tentang jerawat ku lagi. Karena saat itu juga tiba-tiba rasanya semua perkataan orang-orang tentang jerawat ku muncul di pikiranku gitu aja.

Perkataan yang selalu aku acuhkan ketika mereka ngomong tentang jerawat ku. Karena aku udah nyoba berbagai macam produk dari yang murah sampek yang mahal, dari yang perawatan luar sampai perawatan dari dalam dan hasilnya sama. I struggled to be like what people want me to be....



To be continued....












Comments

Popular posts from this blog

My Top 5 Wedding Songs

My Acne Story Part 2

AMANZA