My Acne Story Part 2


The fight

Setelah breakdown yang bener-bener ngehancurin tembok percaya diriku, aku nyoba nyari-nyari lagi produk dan perawatan yang “mungkin” cocok buatku. Tanya banyak orang, nerima masukan dari banyak orang.

And I was so stupid.... aku terlalu berambisi untuk bisa punya kulit mulus bebas jerawat biar orang-orang berhenti komen tentang itu. Akhirnya aku memutuskan untuk mencoba perawatan di salah satu klinik kecantikan yang memang iklanya untuk menyembuhkan jerawat, dan waktu liat review nya juga bagus. Klinik ini juga salah satu termasuk klinik terkenal.

Jadilah konsultasi bla bla bla. Dari awal sih udah ada yang janggal, karena gk dilihat dulu kondisi dan type kulit ku kayak apa. ‘dokter’ nya Cuma ngeliat kondisi jerawat ku seperti apa, trus nyaranin buat langsung tindakan disuruh facial, dikasih cream ini cream itu bla bla bla. Dan agak gak puas gitu waktu konsultasi, karena kesan yang aku terima adalah si ‘dokter’ ini kayak sales yang poin utamanya adalah menjual paket produk yang dia tawarkan. Dan creamnya harus habis dalam waktu yang ditentukan, kayak di dopping gitu jadinya kulitku,,, Okay then, I’ll see what’s gonna happen....

Setelah sekitar 2 bulan perawatan dan habis beberapa cup cream yang dikasih, gk ada perubahan, ada perubahan Cuma satu, yaitu kulit ku ‘serasa’ halus, padahal kalo dilihat dikaca gak ada bedanya sama sekali, bahkan setelah 2 bulan perawatan jerawat muncul gede-gede dan sakit banget, kayak meradang gitu, dan mukaku berminyak parah, bahkan foundation sekelas loreal yang matte gk mau nempel, dan malah bikin muka kucel....

                              

Ini keadaan muka setelah 2 bulan perawatan, jerawat meradang, besar-besar, dan sakit. (Januari)

Akhirnya aku memutuskan untuk menghentikan pemakaian cream nya, dan waktu aku balik ke klinik itu dengan muka yang bentol-bentol gak dikasih tau apa-apa. Memang waktu itu aku kesana niat ku buat facial, dan gak konsultasi ke ‘dokter’ nya. Dan admin  nya iyain aja, yaudah manut sama si sales ini buat facial yang apa. I was so stupid,,,,

Setelah facial kondisi muka ya, biasa aja. Setelah beberapa minggu muncul jerawat lagi, menurut q gk parah Cuma agak banyak. Kali ini aku memberanikan diri pergi ke dokter kulit yang ada di kota. Awalnya aku ragu kalo yang ini juga gak akan berhasil dan akan ngerusak kulitku.

Dokternya ramah, waktu aku liatin kondisi muka ku dia langsung kaget dan bilang kalo jerawatnya udah meradang. Emang ada jerawat kecil-kecil gitu dibagian rahang, dan ada beberapa jerawat besar-besar di pipi. Trus ditanyain pernah perawatan dimana aja, jadilah aku cerita pengalaman perawatan ku selama ini.

Habis itu, dokternya ngasih obat buat diminum selama 10 hari dan juga krim pagi dan malam. Dokternya bilang kalo krim paginya udah habis bisa konsultasi lagi diliat perkembanganya. Jadi gk ada waktu berapa lama si krim ini harus habis.

Selama minum obat aku mulai ngerasa perubahan tapi gk signifikan banget, baru setelah 1 bulanan krim habis emang aku ngerasa jerawat udah gk muncul lagi, kulit jadi halus, trus bekas-bekas jerawat yang item-item mulai pudar. Ini perkembangnya mukaku setelah perawatan di dokter kulit. Bener-bener keliatan hasilnya.

                                          

Aku konsultasi ke dokter, dan dokternya bilang mukanya udah mendingan, dan benernya udah gak papa si muka ini. Dokternya nawarin mau diresepin krim lagi atau nggak, akhirnya aku bilang mau, biar hasilnya agak maksimal.

Setelah krim yang kedua ini habis, aku memutuskan untuk berhenti dulu, karena mau liat efeknya dikulit ku apakah ada efek sampingnya atau nggak. (dan karena corona juga jadi udah lama gak keluar rumah)

Deal with it

Dan udah sebulan lebih berhenti dari krim dokter, ternyata gk ada efek samping yang bikin kulit kenapa-kenapa, ya mungkin tekstur kulit gak sehalus pas pake krim dari dokter, dan jerawat memang tetep muncul walaupun aku pake krim dokter jerawat masih muncul tapi emang gak banyak, karena jerawat ku ini lebih ke jerawat hormon, dimana dia pasti muncul pas lagi haid. Cuma gimana ngerawatnya aja biar gk meradang gitu aja.

I realized that I must deal with it

            Aku gak akan pernah bebas dari yang namanya jerawat, dan gak mungkin juga harus selamanya pake krim dokter. Hal yang bisa aku lakuin adalah mulai menghindari sedikit demi sedikit makanan atau hal-hal yang bisa menyebabkan jerawat meradang.

Susah? Memang, apalagi harus menghindari hal yang aku sukai, but its okay.

Dan kalo aku mulai nyoba-nyoba hal baru, itu buat diriku sendiri.


Because I realized that I’m not everyone’s cup of tea, I can’t please everyone.

I will never be good enough for everybody, but I believe I will always be the best for someone who really appreciates me.

Be just the way you are

 


Comments

Popular posts from this blog

My Top 5 Wedding Songs

AMANZA